Prof. Dr. Hariadi Kartodiharjo, M.S.

Project Advisory

(BPH expert team consist of Senior Project Advisor Group, Senior Consultants, Junior Consultants, and Independent Sub Consultants).


Department:
Email
hkartodihardjo@gmail.com
2006

MASALAH KAPASITAS KELEMBAGAAN DAN ARAH KEBIJAKAN KEHUTANAN: Studi Tiga Kasus

Dari kajian di tiga lokasi serta pelaksanaan kebijakan nasional atas program prioritas Departemen Kehutanan dapat ditunjukkan bahwa baik program kehutanan daerah maupun pusat tidak disertai oleh upaya peningkatan kapasitas kelembagaan. Orientasi kebijakan kehutanan secara keseluruhan tertuju kepada formulasi masalah-masalah teknis, sedangkan faktor-faktor sosial, ekonomi dan politik dianggap sebagai faktor eksogen. Lemahnya penguatan kelembagaan telah terbukti diikuti oleh kegagalan kebijakan untuk mencapai tujuannya.
2007

SIKAP MASYARAKAT DAN KONSERVASI: SUATU ANALISIS KEDAWUNG (Parkia timoriana (DC) Merr.) SEBAGAI STIMULUS TUMBUHAN OBAT BAGI MASYARAKAT, KASUS DI TAMAN NASIONAL MERU BETIRI

Konservasi di lapangan gagal karena terjadi ketidak-sejalanan antara stimulus dengan sikap dan aksi konservasi masyarakat. Sinyal kelangkaan yang ditampilkan kedawung di TNMB selama ini tidak menjadi informasi bagi masyarakat pendarung maupun pengelola.
2010

PENATAAN INSTITUSI UNTUK PENINGKATAN KINERJA PERSUTERAAN ALAM DI SULAWESI SELATAN

Terdapat hubungan antara struktur perilaku dan kinerja persuteraan. Kinerja yang tinggi pada persuteraan alam di Guangdong terjadi karena institusi yang ada mampu meningkatkan kinerja pengusahaan persuteraan alam. Indikator kinerja baik kinerja finansial maupun kinerja budi daya memang tinggi di Guangdong, yaitu ditunjukkan dengan NPV yang tinggi.